MEGAHNYA MASJID KUBAH 99 ASMAUL HUSNA MAKASSAR

Salah satu destinasi wisata terbaru di Makassar selain Pantai Losari yang sudah menjadi ikon selama ini adalah Centre of Point Indonesia. Ini adalah komplek ruang terbuka yang terbaru di Makassar, disana ada Lego-Lego Makassar semacam foodcourt dan dipinggir pantai reklamasi dan Masjid yang baru diresmikan pada tahun 2022, dinamakan Masjid Kubah 99 atau lebih dikenal dengan Masjid Asma’ul Husna. Meski sudah diresmikan tetapi masjid ini masih dalam tahap renovasi dan pembangunan kubahnya, karena sesuai namanya jumlah kubah di masjid ini ada 99, dan sekarang masih dalam tahap kubah ke-83 (sumber: Wikipedia). Fyi, Masjid Kubah 99 ini dirancang oleh Bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat saat ini). Masjid ini menjadi ikon baru kota Makassar. Waktu itu aku kesana pas hari sabtu, dan parkirannya tuh full banget. Karena memang free parking. Halaman masjidnya luas, dengan beberapa anak tangga, untuk tempat wudhu’ nya ada di basement masjid, dan anak tangganya cukup curam menurutku. Jadi untuk lansia dan anak kecil harus didampingi dan lebih berhati-hati. Anakku aja hampir kepleset pas turun di anak tangganya, karena tidak disediakan keset untuk mengeringkan kaki sehabis wudhu’. Karena masih dalam tahap pembangunan dan renovasi, bangunan masjid belum digunakan sepenuhnya. Aku kesana waktu menjalang maghrib sekalian sholat maghrib juga disana. Jadi ya agak gentian gitu kalo mau sholat, karena space nya terbagi untuk jamaah laki-laki dan perempuan.

Masjid Kubah 99 (dok. pribadi)

Setelah sholat maghrib, aku, suami dan si kecil jalan-jalan di Lego-Lego Makassar sekalian makan malam disana. Untuk makanannya aku pilih Soto Banjar dan suami pilih Sop Saudara. Si kecil, makan berdua sama ibuknya, Soto Banjar. Berbagi itu indah bukan? Hehehe…

Lego-Lego Makassar (dok. Pribadi)

By the way, ini pertama kali nya aku makan Soto Banjar dan liat Sop Saudara. (sayang kemarin gak sempet fotoin makanannya dulu). Soto Banjar hampir sama seperti Soto di Malang hanya saja kalo Soto Banjar pake lontong, tapi aku request pake nasi aja soalnya kan si kecil juga makan, sedangkan Sop Saudara itu isinya ya paru, daging, babad, kuahnya lebih kuat dibanding Soto Banjar. Seporsi Soto Banjar harganya Rp. 30.000,-  sedangkan Sop Saudara seporsi harganya Rp. 35.000,- Lumayanlah buat makan malam jadi pas di hotel nanti gak bingung cari makan lagi.

Centre Point of Indonesia (dok. Pribadi)

Setelah makan lanjut jalan-jalan disekitar pantai, karena sudah rame banget ya orang lagi nongkrong, ngajak anaknya, orang jualan, maklumkan malam minggu.

Buat teman-teman yang lagi main dan berkunjung ke Makassar bisa dicoba datang ke Centre Point Of Indonesia, ikon baru Kota Makassar selain Pantai Losari. Bisa mampir sholat ke Masjid Kubah 99 untuk yang muslim, atau berkeliling disekitarnya juga bisa. Waktu yang pas buat berkunjung antara pagi atau sore, biar gak kepanasan disana karena pohon-pohonnya belum tumbuh rindang. 

Comments

Popular posts from this blog

PENGALAMAN PERTAMA KE SULAWESI SELATAN

Pengalaman Mengurus Pencairan Dana BSU (Bantuan Sosial Upah)

Review : Scarlett Whitening Face Care Brightly Series